Rabu, 28 September 2016

Contoh Kreasi Kerajinan Tangan Rotan Unik dan Bermanfaat

Saat ini aneka Kerajinan Tangan Rotan sangat banyak dicari oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan kerajinan tersebut merupakan jenis kerajinan yang sangat unik, ada banyak sekali jenis kerajinan yang bisa dibuat dengan bahan dasar rotan.  Misalnya saja berbagai macam jenis anyaman yang kemudian bisa dibuat menjadi bermacam macam jenis produk, mulai dari produk yang sederhana seperti tas, sampai kepada produk yang besar semacam kursi, meja, dan berbagai macam perabot yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

hiasan helm dari rotan

Rotan adalah salah satu tanaman yang memiliki serat, dan serat serat tersebutlah  yang kemudian diolah menjadi bahan untuk dianyam. Walau tampak sebagai sesuatu yang mudah untuk dipatahkan, namun sesungguhnya rotan tersebut sangat kuat. Hal tersebut dikarenakan rotan tersebut telah diolah sedemikian rupa dengan dikeringkan secara benar benar sempurna, sehingga teksturnya menjadi lebih kuat.

kerajinan tangan wadah pensil dari rotan

Untuk anda yang ingin belajar membuat kerajinan tangan dengan bahan dasar rotan, sebenarnya sangat mudah. Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah mempelajari teknik membuat anyaman, sebab anyaman yang diperlukan untuk membuat produk semacam tas berbeda dengan anyaman yang dilakukan untuk membuat produk seperti meja dan kursi.

lampu gantung dari rotan

Satu jenis Kerajinan Tangan Rotan dengan jenis yang lainnya sebenarnya hampir sama. Hanya saja jenis anyamannya saja yang berbeda, selain itu bahan yang digunaakn pun bisa jadi juga berbeda. Untuk pembuatan kerajinan tangan berupa produk produk yang besar maka dibutuhkan rotan yang memiliki serat lebih kuat daripada rotan yang digunakan untuk membuat produk produk ringan seperti tas dan juga berbagai hiasan dinding yang lain.

lampu hias dari rotan

Jika bahan dasar telah ditentukan, maka anda hanya perlu memberikan kreativitas anda dengan cara membuat anyaman yang unik. Setiap anyaman bisa dibuat sesuai dengan keinginan, semakin kreatif seseorang maka anyaman yang dibuat juga akan kian unik. Kerajinan Tangan Rotan yang dibuat dengan anyaman yang unik kemudian dapat dikreasikan menjadi berbagai macam produk. Untuk mengeksekusi anyaman yang telah dibuat menjadi produk tertentu pun diperluka kreativitas. Sehingga barang yang dihasilkan pun benar benar akan memiliki nilai yang tinggi, dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Kreasi Kerajinan Tangan Rotan Unik dan Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar